Friday, April 26, 2013

Apa Itu Payudara

Apa itu payudara?. Kalau ada yang tidak kenal payudara, bisa jadi namanya sudah terpampang di buku rekor MURI. Payudara adalah organ tubuh pada mammalia berjenis kelamin betina (termasuk manusia) yang terletak di dada bagian atas. Di kanan kirinya terletak kelenjar susu yang pada manusia perempuan bisa mengeluarkan air susu ibu (ASI) untuk memberi makan bayi.

Dalam bahasa Indonesia, payudara dikenal juga sebagai buah dada, susu, dan tetek. Sebagaimana dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang memberikan arti "pa·yu·da·ra n buah dada; susu; tetek". Sedang dalam bahasa latin dikenal sebagai 'mamma'. Sedangkan dalam bahasa Inggris biasa disebut sebagai 'breast'. Penggunaan istilah payudara lebih pada manusia, sedangkan untuk hewan lainnya, biasanya menggunakan istilah 'ambing' atau 'kelenjar susu'.

Pada manusia baik laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki payudara. Namun pada masa pubertas, hormon seks perempuan, terutama estrogen, bekerja lebih dominan pada perkembangan payudara. Ini berbeda pada pria dimana hormon testosteron yang lebih dominan. Akibatnya, ukuran payudara wanita menjadi jauh lebih menonjol (besar) dibandingkan payudara laki-laki. Rata-rata berat payudara wanita dewasa kurang lebih 200 gram, beratnya bertambah menjadi sekitar 600 gram saat hamil dan menjadi sekitar 800 gram saat menyusui.



Sebagaimana organ tubuh lainnya, payudara pastilah memiliki struktur anatomi dan fungsi. Mengenai struktur payudara secara singkat memiliki tiga bagian utama yaitu:
  1. Korpus (badan), yaitu bagian yang membesar.
  2. Areola, yaitu bagian yang kehitaman di tengah.
  3. Papilla atau puting, yaitu bagian yang menonjol di puncak payudara.
Lebih detailnya akan diuraikan secara terperinci dalam artikel selanjutnya.



Sedangkan fungsi utama dari payudara adalah sebagai kelenjar susu yang menghasilkan nutrisi dalam bentuk air susu bagi bayi atau balita. Pembahasan menganai fungsi inipun akan diperinci dalam artikel selanjutnya.

Nah, itulah kiranya sedikit hal untuk menjawab pertanyaan; apa itu payudara? Masih ada yang tidak kenal juga?

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon