Edukasi Kesehatan dan Keindahan Payudara

.

Search

Loading...

Template information

Subscribe us

Kenapa Payudara Terasa Sakit? Yuk Kenali!

Kenapa payudara terasa sakit? Yuk kenali. Bisa saja rasa sakit di payudara itu sesuatu yang wajar, namun sebaliknya bisa juga tidak normal bahkan berbahaya. Karena itu sudah sepatutnya setiap wanita mengenali rasa-rasa sakit pada payudara.

Payudara sendiri (dengan semua anatomi payudara) merupakan salah satu organ tubuh yang sangat berharga bagi setiap perempuan. Sehinga merawat payudara menjadi sebuah keharusan bagi setiap wanita bukan sekedar untuk menjaga keindahan payudara dan keseksiannya namun juga menghindari dari bahaya yang lebih besar.

Penyebab Payudara Terasa Sakit

Untuk itulah, rasa sakit pada payudara tidak serta merta disepelekan, meskipun juga tidak harus membuat perempuan panik. So, mengenali penyebab-penyebab payudara terasa sakit menjadi sebuah pengetahuan yang wajib diketahui oleh setiap kaum hawa.

payudara-sakit

Umumnya setiap wanita mengalami masa-masa di mana payudara terasa sakit pada setiap bulannya. Rasa sakit pada payudara yang terjadi secara rutin setiap bulan biasanya karena pengaruh hormonal (estrogen dan progesteron), seperti saat menjelang menstruasi (PMS). Namun jika rasa sakit itu berlangsung terus-menerus, apalagi ditandai dengan adanya benjolan, bisa jadi tidak normal atau bahkan pertanda kanker payudara.

Berikut penyebab-penyebab rasa sakit pada payudara yang perlu diketahui para wanita:

1. Kram menstruasi

Yang paling umum rasa sakit dan nyeri pada payudara diakibatkan oleh menstruasi. Hal ini disebabkan oleh retensi air dalam tubuh sebagai akibat pengaruh hormon. Rasa sakit selama menstruasi merupakan hal yang wajar dan normal.

2. Masa subur

Saat memasuki masa subur banyak terjadi aktivitas hormonal di tubuh. Aktivitas hormonal selama ovulasi ini bisa jadi menimbulkan efek rasa nyeri pada payudara, dan itu pun sesuatu yang wajar serta tak berbahaya.

3. Kram otot

Meski jarang terjadi, namun rasa sakit pada payudara dapat diakibatkan oleh kram otot. Kram otot sendiri bisa diakibatkan oleh sikap tidur yang salah atau aktivitas olah raga (semisal push up) yang berlebihan.

4. Benjolan payudara

Benjolan pada payudara (tidak semuanya) bisa mengakibatkan rasa nyeri di payudara. Meski tidak semuanya, benjolan bisa menjadi indikasi kanker payudara. Karena itu segeralah memeriksakan diri ke dokter jika merasa ada benjolan di payudara.

5. Payudara kiri terkait jantung

Rasa nyeri pada payudara sebelah kiri bisa saja menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan pada jantung. Ini mengingat secara anatomi, payudara kiri berada tepat di atas jantung.

Nah, itulah lima penyebab kenapa payudara terasa sakit dan nyeri. dari penyebab-penyebab tersebut ada yang merupakan hal normal dan wajar namun ada juga yang mengindikasikan gangguan kesehatan. Bagi para kaum hawa, jangan pernah menganggap enteng (meskipun juga jangan terlalu panik) rasa sakit di payudara. Periksalah selalu sex appeal yang satu ini.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori fakta payudara / payudara sakit / penyakit payudara dengan judul Kenapa Payudara Terasa Sakit? Yuk Kenali! . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://payudarapedia.blogspot.com/2013/05/kenapa-payudara-terasa-sakit-yuk-kenali.html . Terima kasih!
Ditulis oleh: Muna Maimun - Saturday, May 4, 2013

3 komentar untuk " Kenapa Payudara Terasa Sakit? Yuk Kenali! "

  1. Saya pernah dioperasi karna tumor jinak di payudara tp benjolannya sudah diangkat. Kira2 lama kelamaan bahaya gak ya? Atau timbul lebih parah lagi?

    ReplyDelete
  2. Saya menderita jantung hipertiroid... Apakah ada pengaruhnya dengan nyeri payudara?

    ReplyDelete