Monday, April 29, 2013

Kopi Cegah Kanker Payudara Kambuh

Minum kopi bisa mencegah kanker payudara kembali kambuh. Demikian hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Peneliti asal Lund University di Swedia. Para peneliti menyimpulkan bahwa dengan rutin meminum kopi sedikitnya dua cangkir setia hari mampu mencegah kambuhnya kembali kanker payudara.

Saat dikombinasikan dengan obat anti-kanker tamoxifen, kopi mampu menurunkan risiko kambuh kembalinya kanker payudara hingga sebesar 50 persen.

Berdasarkan hasil studi tersebut, dari 600 pasien kanker payudara yang dianalisa selama lima tahun, 300 di antara peserta mengonsumsi tamoksifen, obat yang umum diresepkan setelah operasi kanker payudara. Tamoksifen sendiri merupakan salah satu obat anti-oestrogen (hormon pememicu kanker payudara) yang biasa diresepkan untuk mengobati kanker payudara.

kopi-dan-kanker-payudara

Dalam penelitian tersebut, pasien yang mengonsumsi obat tamoksifen sekaligus meminum dua atau lebih cangkir kopi setiap hari, ternyata lebih sedikit yang kankernya kambuh kembali. Hasil tersebut dibandingkan pasien yang meminum tamoksifen akan tetapi tidak mengonsumsi kopi.

Sayangnya para peneliti belum dapat menjelaskan kenapa dengan meminum kopi bersama dengan obat tamoksifen dapat menurunkan resiko kambuhnya kembali kaker payudara yang pernah dideritanya.

Namun beberapa studi sebelumnya banyak yang menunjukkan hubungan antara kopi dengan pengobatan kanker. Salah satunya adalah para peneliti asal Harvard Medical School yang menyebutkan bahwa wanita yang minum tiga cangkir kopi sehari berisiko 20 persen lebih rendah terserang kanker kulit invasif jika dibandingkan yang tidak.

So, ingin kanker payudaranya tidak kambuh lagi? Gak ada salahnya minum kopi!


EmoticonEmoticon