Monday, May 13, 2013

Cara Tepat Mengukur Payudara

Bagaimana cara yang tepat untuk mengukur payudara? itulah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh remaja putri ketika pertama kali hendak memilih bra (beha). Bahkan para wanita pun kadang kesulitan memilih bra karena cara mengukur ukuran payudara yang dilakukannya tidak tepat.

Yup, mengetahui ukuran payudara dengan tepat sangat berpengaruh terhadap pemilihan ukuran bra yang tepat juga. Padahal dengan menggunakan bra atau kutang yang tepat, selain akan memberikan rasa nyaman dan mencegah payudara terasa sakit juga akan mampu menjaga keindahan payudara.

Dan ternyata untuk mengetahui ukuran payudara dengan tepat bukanlah hal yang sulit. Baik bagi pemilik payudara besar maupun yang mempunyai payudara kecil sekalipun semua dapat mengukur payudaranya sendiri dengan mudah.

Dalam mengukur payudara yang perlu dipahami adalah adanya dua macam ukuran. Yang pertama adalah ukuran lingkar lingkar dada dan kedua ukuran besar cup kutang (bra). Karena itulah ukuran kutang yang tersedia di pasaran selalu terdiri atas dua komponen yaitu angka dan huruf, semisal 34B, 34C, 35D, dan lain-lain.

Mengukur Lingkar Dada

Untuk mengukur lingkar dada ikuti langkah sebagai berikut:

  1. Ukurlah lingkar dada (dari punggung melingkar ke dada), tepat di bawah payudara dengan menggunakan meteran atau sejenisnya.
  2. Untuk mempermudah, gunakan satuan inci. Kalau menggunakan satuan sentimeter (cm) rubah menjadi inci dengan patokan 1 cm = 0,394 inci atau 1 inci = 2,54 cm.
  3. Jika hasil mengukur lingkar dada tadi ganjil (semisal 29 inci) tambah 5 inci, sedangkan jika hasilnya genap (semisal 32) tambah dengan 4 inci. Contoh 29 + 5 = 34 atau 32 + 4 = 36.
  4. Hasil penjumlahan dengan 5 dan 4 itulah ukuran BH (bra) yang tepat.

Mengukur Cup BH

Setelah mendapatkan ukuran lingkar dada yang menjadi lingkar kutang, sekarang ganti kita ketahui ukuran cup BH (bra) yang pas buat payudara. Cara untuk mengukurnya adalah sebagai berikut:

  1. Ukurlah lingkar dada di atas payudara, tepat di atas puting payudara.
  2. Untuk mempermudah, gunakan satuan inci. Kalau menggunakan satuan sentimeter (cm) rubah menjadi inci dengan patokan 1 cm = 0,394 inci atau 1 inci = 2,54 cm.
  3. Hasil pengukuran dikurangi dengan hasil pengukuran lingkar dada (di bawah payudara). Semisal ukuran lingkar dada (di atas payudara) = 31 inci dan lingkar dada (di bawah payudara) = 29 inci berarti 31 – 29 = 2.
  4. Hasil pengurangan antara lingkar dada (di atas payudara) dengan lingkar dada (di bawah payudara) inilah yang menjadi ukuran cup kutang (BH) yang biasanya dikodekan sebagai berikut:
    • AA = selisih 0 inc (lingkar dada di atas payudara sama dengan lingkar dada di bawah payudara)
    • A = selisih 1 inci
    • B = selisih 2 inci
    • C = selisih 3 inci
    • D = selisih 4 inci
    • E = selisih 5 inci

Itulah bagaimana caranya menentukan ukuran payudara dan BH dengan tepat. Sekarang kita bisa mengetahui ukuran dengan tepat, bisa memilih bra yang sesuai sehingga BH yang dipakai akan terasa nyaman. Bahkan dapat meminimalisir resiko terkena kanker payudara.

2 comments

wah saya lingkar bawahnya 27 terus lingkar atasnya 31...massa saya 32C rasanya payudara saya kecil -____-


EmoticonEmoticon